Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On GooglePlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed

Butuh Bantuan ?

021-5684113 Hours : 8 am - 5 pm / Mon - Fri

Tips Ampuh Cara Menghapus Virus Conficker

Gamma | 8th March 2017

Conficker
IT Konsultan Jakarta akan memberi tahu cara menghapus virus Conficker, lagi-lagi windows menjadi bulan-bulanan dari serangan virus komputer, windows merupakan operating system yang mudah sekali ditembus oleh virus dengan sedikit coding program, seseorang dapat menciptakan sebuah virus yang mungkin dapat merusak sistem komputer kita. Dari pengalaman-pengalaman terdahulu pernah membahas juga tentang virus yang berjudul tips ampuh cara menghapus virus Autorun.inf secara manual dan 4 tips ampuh penanganan setelah terkena virus, Malware Trojan. Namun kali ini  mau memberikan sedikit pengetahuan tentang cara menghapus Virus Conficker.
Mungkin dari kamu sudah mengenal , ya virus conficker sempat menggegerkan dunia sekitar tahun 2008-2009. Dimana metode dari penyebaran dari virus ini berbeda dari pendahulunya. Dengan metode canggihnya, virus Conficker.DV berusaha mengakses ke jaringan dengan cara menggunakan celah windows yaitu ‘Default Share‘ (ADMIN$\system32) dengan menebak password Administrator. Selain itu sama seperti dengan virus pada umumnya, virus conficker ini juga membuat sebuah file pada media removable seperti flashdisk, harddisk external, dan card reader dengan cara menyimpan file ter hidden pada root drive.

Sementara metode aksi yang sama seperti virus pendahulunya, yaitu mencoba berusaha mengeksploitasi MS08-067 atau celah keamanan pada sistem Windows, Windows Server Service atau SVCHOST.exe. Banyak diantara user yang dengan mudahnya terinfeksi virus Conficker, dikarenakan tidak mengaktifkan fitur Automatic Updates dan tidak melakukan patch windows MS08-067.

Dalam hal ini lakukan langkah penanganannya sebagai berikut:
1. Putuskan / disconnect-kan komputer yang akan dibersihkan dari koneksi jaringan/internet.
2. Matikan System Restore (Windows XP/Vista).
3. Matikan sementara proses virus yang aktif pada services (services.msc). Gunakan removal tool dari Norman                antivirus, untuk membersihkan virus yang aktif. Jika belum memiliki, bisa didownload di situs  resmi norman.
4. Delete service svchost.exe gadungan yang ditanamkan oleh virus pada registry. Kamu bisa mencari secara manual      pada registry.
5. Hapus Schedule Task yang dibuat oleh virus. (C:\WINDOWS\Tasks)
6. Hapus string registry yang dibuat oleh virus. Untuk mempermudah dapat menggunakan script registry di bawah        ini:

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom Oyee
[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced,
Hidden, 0×00000001,1
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced,
SuperHidden, 0×00000001,1
HKLM,
SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL,
CheckedValue, 0×00000001,1
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\BITS, Start, 0×00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\ERSvc, Start, 0×00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wscsvc, Start, 0×00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wuauserv, Start, 0×00000002,2
[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, dl
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, ds
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, dl
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, ds
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters, TcpNumConnections

Kamu dapat menggunakan notepad, kemudian simpan dengan nama ‘repair.inf‘, kemudian ‘Save As Type‘ menjadi ‘All Files‘ agar tidak terjadi kesalahan. Jalankan repair.inf dengan klik kanan, kemudian pilih install.
Sementara untuk file yang aktif pada startup, kamu dapat mendisable melalui ‘msconfig‘ atau dapat mendelete secara manual pada string: ‘HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run  ‘ yang ada pada menu regedit.

7. Untuk melakukan pembersihan virus W32/Conficker.DV secara optimal dan mencegah infeksi terulang kembali, ada baiknya kamu menggunakan antivirus yang terbaru dan terupdate yang dapat mampu mendeteksi virus ini dengan baik dan patch sistem komputer kamu dengan patch resmi dari Microsoft guna mencegah infeksi ulang.

Kesimpulan IT Konsultan Jakarta : Jaga sistem komputer kamu dari virus, scan terlebih dahulu bila kamu mau mencoba memasang flashdisk pada komputer/laptop kamu, update patch dan update selalu antivirus sobat secara berkala agar terhindar dari jahatnya virus komputer yang dapat merusak sistem.

Sekian tutorial dari IT Konsultan Jakarta tentang Cara menghapus Virus Conficker.
Semoga bermanfaat, Salam IT Konsultan Jakarta.