Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On GooglePlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed

Butuh Bantuan ?

021-5684113 Hours : 8 am - 5 pm / Mon - Fri
  • Home
  • /
  • tips
  • /
  • Komponen dan Pengertian dari Hardisk Lengkap Dengan Gambar

Komponen dan Pengertian dari Hardisk Lengkap Dengan Gambar

Gamma | 9th June 2017

IT Konsultan Jakarta kali ini membahas tentang “Pengertian dan Komponen dari Hardisk beserta gambarnya lengkap”. Langsung saja..

 

 

Apa Pengertian Hardisk ?

Fungsi Hardisk ?

Komponen Hardisk ?

 

Pengertian Harddisk

Hardisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddsik, semakin banyak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapasitas harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dopasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, I Tera, hingga 3 Tera.

 

Fungsi Harddisk

Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Disitulah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan

Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruang-ruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya, disitulah data-data diletakkan.

 

Komponen Harddisk

Power Connection

Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai penghubung sumber arus listrik ke harddisk.

 

Pllater

bagian dari Harddisk berupa piringan yang biasanya terbuat dari bahan logam atau sejenisnya dan bersifat magnetik. Bahan yang digunakan sebagai media penyimpanan adalah iron oxide dan thin film.

 

Head

Bagian dari Harddisk yang berfungsi untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetik.

 

Jumper

Bagian dari Harddisk yang memiliki fungsi sebagai pengatur hubungan antar pin.

 

Interface Connection

Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai konektor untuk menghubungkan harddisk dengan motherboard.

 

Actuator Axis

 

Bagian dari Harddisk berupa blok logam yang bersifat magnetik yang di dalamnya terdapat motor penggerak lengan mekanik.

 

Actuator Arm

Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai poros pergerakan lengan mekanik.

 

ARM

Bagian dari Harddisk yang berfungsi sebagai lengan mekanik yang menggerakkan head untuk membaca atau menulis data pada piringan magnetik. Bahan yang biasanya dipakai adalah lempengan logam yang kuat tapi sangat ringan sehingga mudah untuk digerakkan.

 

Spindle

Bagian dari Harddisk yang berfungsi sebagai mesin pemutar piringan saat harddisk beroperasi. Apabila tutup spindle dibuka tampak kumparan di dalamnya berupa beberapa lilitan kabel melingkar yang memberikan sifat magnetik.

 

Segitu saja dari IT Konsultan Jakarta yang sudah membahas Pengertian dan Komponen Harddisk beserta gambarnya. Semoga bermanfaat yaa, salam dari IT Konsultan Jakarta.