Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On GooglePlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed

Butuh Bantuan ?

021-5684113 Hours : 8 am - 5 pm / Mon - Fri
  • Home
  • /
  • tips
  • /
  • Inilah Bus yang ada di Motherboard Lengkap

Inilah Bus yang ada di Motherboard Lengkap

Gamma | 26th May 2017

Kali ini IT Konsultan Jakarta membahas “Macam-macam Bus yang ada di motherboard lengkap dengan gambar“. Simak berikut ini yaa teman-teman semuanya.

 

 

 

 

 

Bus Prosesor

 

 

Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport Bus, dan beberapa Bus lainnya.

 

Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki busnya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya us ini memiliki 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.

 

Bus 1394

 

 

Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital VCR dan televisi.

 

Bus USB (Universal Serial Bus)

 

 

Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti Keyboard, Mouse, dan Printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI.

Keuntungan yang didapat dari Bus USB antara lain :

Tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.

 

Bus SCSI (Small Computer System Interface)

 

 

Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, Harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar.

 

Bus MCA (Micro Channel Architecture)

 

 

Bus MCA adalah sebuah bus I/O ber-bandwidth 32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikan Bus ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi tidak diimbang dengan kecepatan Bus I/O.

 

Bus EISA (Extended Industry Standard Architecture)

 

Bus EISA adalah sebuah Bus I/O yang diperkenalkan pada bulan September 1988 sebagai respons dari peluncuran Bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak “memonopoli” Bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royaliti untuk mendapatkan lisensi MCA.

 

Bus ISA (Industry Standard Architecture)

 

 

Bus ISA adalah sebuah arsitektur Bus dengan Bus data selebar 8-bit yang di perkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984.

Sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi 2 bagian yaitu ISA 8-bit dan ISA 16-bit.

 

 Bus ISA 8-bit

merupakan varian dari Bus ISA, dengan Bus data selebar 8-bit yang digunakan dalam IBM PC 5150 (Model PC awal). Bus ini telah ditinggalkan pada sistem-sistem modern ke atas tapi sistem Intel 286/386 masih memilikinya. Kecepatan Bus ini adalah 4.77 MHz.

 

Bus ISA 16-bit

Bus ISA 16-bit adalah Bus ISA yang memiliki bandwidth 16-bit, sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ISA 8-bit pada kecepatan yang sama. Bus ini diperkenalkan pada tahun 1984, ketika IBM merilis IBM PC/AT dengan mikroprosesor Intel 80286 di dalamnya.

 

Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Extended)

 

 

PCI-X adalah Bus komputer dan Expansion card yang meningkatkan kinerja Bus 32-bit PCI lokal untuk bandwidth yang lebih tinggi yang diminta oleh server. PCI-X adalah double-wide version dari PCI, berjalan hingga 4 kali kecepatan clock, tetapi sebaliknya mirip dalam implementasi listrik dan menggunakan protokol yang sama.

 

Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)

Bus PCI Express (PCI-E/PClex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI Bus yang lama. banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x, dan 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paraler. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali dalam satu rute clock.

 

Bus PCI (Peripherals Component Interconnect)

Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).

 

Bus AGP (Accelerated Graphic Port)

 

 

Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.

 

Hanya segitu saja IT Konsultan Jakarta Memberikan informasi mengenai “Bus yang ada di motherboard” semoga bermanfat dan jangan lupa di share ya . sekian terima kasih.