Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On GooglePlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed

Butuh Bantuan ?

021-5684113 Hours : 8 am - 5 pm / Mon - Fri

Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software

Gamma | 8th June 2016

Cara mempartisi hardisk di windows 7 secara manual dan tanpa software secara cepat ternyata sangat mudah sekali, hanya dengan menggunakan fitur yang ada di windows, biasanya mempartisi dilakukan saat sobat menginstall windows baru, dimana ada drive yang terlalu besar kapasitasnya dan sobat ingin membagi kapasitas yang besar tersebut kepada drive baru agar penggunaan dan ruang drive baru tersebut lebih leluasa dan bisa mempercepat dalam membaca data yang diproses.
Sebelumnya IT Support akan memberi tahu apa itu partisi? Partisi merupakan membagi beberapa drive dalam satu hardisk agar lebih kecil. contohnya sobat mempunyai kapasitas harddisk 350GB namun sobat ingin membaginya menjadi 2 drive maka pembagiannya bisa saja 200GB – 150 GB atau 50 GB – 300GB tergantung selera sobat.
Sebagian diantara para pengguna komputer, biasanya harddisk dipartisi untuk melakukan dual boot yaitu bisa diinstall Operating system lain seperti Windows 7 – Linux atau OS lainnya yang berjalan dalam satu komputer.
Dalam tutorial kali ini IT Support akan memberikan Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software. Langsung saja berikut ini paparannya :
1. Klik Start – klik kanan MyComputer, kemudian pilih Manage (lihat gambar)
Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software
Seperti tampilan diatas, maka ada 4 partisi yaitu drive C – D – E – system reserved dalam satu hardisk komputer sobat. Dalam hal ini IT Newbie akan melakukan partisi dari drive yang kosong yaitu drive E yang berlabel New Volume menjadi dua bagian.
Terlihat kapasitas dari drive E (new volume) adalah 20GB maka IT Support akan membagi masing-masing 10GB.
2. Kemudian sobat bisa klik kanan pada drive E tersebut, kemudian pilih Shrink Volume (lihat gambar)
Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software
Maka akan muncul tampilan seperti loading..
Pada bagian “enter the amount” , maka sobat bisa mengisi besar disk yang sobat inginkan, karena dalam hal ini satuan dalam MB, maka sobat isikan 10000MB untuk menjadi 10GB, (1GB = 1000MB)
Lalu klik Shrink, tunggu  sampai proses loading selesai..

Setelah melihat tampilan diatas maka drive yang baru di partisi menghasilkan kapasitas 9.77GB (10GB) yang masih terlihat free space. Warna hijau dalam harddisk tersebut artinya belum dibuat dan belum bisa digunakan, maka kita harus membuat partisinya dulu.

3. Klik kanan pada drive yang berwarna hijau/ free space, kemudian pilih new simple volume, maka akan muncul tab baru kemudian sobat bisa klik next, next, next saja sampai muncul seperti tampilan dibawah ini :

Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software

 

Jika sudah selesai maka sobat bisa melihat ada tampilan 4 drive pada MyComputer sobat (lihat gambar)
Cara Partisi Windows 7 Secara Manual Tanpa Software
Semoga bermanfaat..