Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On GooglePlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed

Butuh Bantuan ?

021-5684113 Hours : 8 am - 5 pm / Mon - Fri

5 Tips Cara Mengamankan Email dari Hacker

Gamma | 18th September 2017

5 Tips Cara Mengamankan Email dari Hacker

IT Konsultan Jakarta – Pernahkah diantara sobat yang mengalami emailnya dibobol oleh seorang hacker?. Kejadian ini pernah IT Support alami, saat itu saya menggunakan email yahoo.  Email yahoo memang sudah sangat rentan sekali terhadap pembobolan. Karena hanya melakukan reset password dan si hacker mengetahui jawaban dari rahasia yang telah sobat buat, maka saat itu juga email sobat sudah pindah tangan hanya dalam sekejap berikut Cara Mengamankan Email dari Serangan Hacker :

Biasanya email kita tercuri/terbobol karena kebodohan dari kita sendiri dan biasanya yang membobol yaitu teman kita sendiri atau orang yang kita kenal, yaitu saat sobat menggunakan email yahoo dan sobat mempunyai sebuah akun facebook dengan menggunakan email yahoo dan saat sobat pertama kali membuat akun yahoo dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban rahasia yang sobat telah buat sebelumnya. Contohnya : sobat membuat pertanyaan rahasia di email yahoo yaitu : Siapa nama bapak anda? dan grup band favorit anda?. Dan secara tidak sengaja sobat memberikan jawaban tersebut dengan membagikan data profil akun facebook sobat dengan jawaban tersebut.
Cukup mudah sekali untuk seorang hacker untuk membobol akun facebook maupun email yahoo kita, hanya dengan melihat profil di facebook dan mencoba-coba dengan menjawab pertanyaan rahasia yang telah kita buat.
5 Tips Cara Mengamankan Email dari Hacker
1. Saat sobat pertama kali membuat email di yahoo! pastikan sobat menggunakan alternative email jangan menggunakan pertanyaan dan jawaban rahasia.
2. Gunakan password email di yahoo! dengan menggunakan kombinasi antara huruf, angka, dan simbol dengan panjang min.10 karakter.
3. Saat sobat membuat akun facebook pastikan email di setting hanya untuk dilihat sendiri, tidak untuk di share.
4. Jangan membagikan profil di facebook secara terbuka, pastikan hanya beberapa profil saja yang dibuka.
5. Jika memang sobat belum mempunyai email alternative, sobat bisa saja dengan menggunakan pertanyaan rahasia tetapi jawabannya harus berbeda.
Contohnya    : Siapa nama bapak anda?
Jawabannya  : Jakarta99
Contohnya    : Grup Band Favorit Anda?
Jawabannya  : Real Madrid
Dengan membuat sebuah pertanyaan dan menjawabnya dengan berbeda, maka IT Support pastikan si hacker akan kebingungan dan akan kesulitan untuk membobol email sobat.
Bagaimana cukup mudah bukan, untuk mengamankan email kita dari serangan hacker, pengalaman ini Jasa IT Support sendiri alami dengan mengikuti cara diatas setidaknya sobat dapat mengamankan pembobolan email.
Semoga tutorial 5 Tips Cara Mengamankan Email dari Serangan Hacker ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan sobat semua.